(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Resep Roti Manis Dan EmpukRoti sebagai salah satu makanan yang memiliki sejarah panjang. Kehadirannya sejak ribuan tahun lalu membuat roti menjadi salah satu jenis panganan yang tak lekang oleh waktu. Awalnya, roti dibuat dengan gandum yang ditumbuk dan diolah dengan air hingga berbentuk adonan. Adonan tersebut dibakar dalam tungku dan hasilnya menjadi roti yang keras dan tahan lama.

Resep Roti Manis Dan Empuk sangat digemari di Indonesia karena cocok dengan lidah dan selera masyarakat. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis bagi anda untuk memenuhi kebutuhan roti manis. Tapi sebelumnya, anda tentu harus mengerti bagaimana cara membuat roti manis yang enak dan empuk. Simak, tips dan trik berikut ini untuk membuat roti manis anda menjadi empuk dan lezat!

Seiring berjalannya waktu, roti sudah mengalami banyak evolusi, jenis-jenisnya sendiri pun sudah mengalami perkembangan. Masyarakat Indonesia lebih menyukai roti dengan tekstur yang lembut dan manis, berbeda dengan negara Eropa yang menyukai roti bertekstur keras.

Resep Roti Manis Dan Empuk

Bahan:

  • 400 gr tepung protein tinggi (bisa pakai Cakra atau Komachi)
  • 100 gr tepung protein sedang (bisa pakai Segitiga Biru)
  • 100 gr gula pasir
  • 11 gr ragi instant (bisa pakai merk Fermipan atau Saf Instant atau Baker Bonus)
  • 1/2 sdt bread improver (bisa pakai Baker Bonus A)
  • 25 gr susu bubuk full cream (bisa pakai Dancow)
  • 2 butir kuning telur (kalau mau lebih lembut lagi pakai 4 butir kuning telur)
  • Air es atau susu dingin secukupnya (sediakan 250 ml air es atau susu) tuang sedikit demi sedikit, tidak harus terpakai semua, jika adonan sudah mengumpal dengan baik, penambahan air hentikan (saya hanya pakai 150 ml saja karena menggunakan 4 kuning telur)
  • 40 gr butter
  • 40 gr margarin (saya pakai 80 gr Royal Palmia, tanpa butter)
  • 1 sdt garam

Tambahan selama pengulenan Resep Roti Manis Dan Empuk:

Sediakan sekitar 6 sdm (tidak harus terpakai semua) tepung Cakra untuk tambahan selama pengulenan, tambahkan sesendok demi sesendok hingga adonan terasa enak diuleni, jangan banyak karena hasil roti bisa keras.

Bahan olesan untuk Resep Roti Manis Dan Empuk:

Susu Evaporated (saya pakai F&N) atau 1 butir kuning telur larutkan dengan 2 sdm air atau susu UHT cair (misalnya Ultra atau Cap Bendera)

Cara Membuat Resep Roti Manis Dan Empuk

  1. Campur bahan kering (terigu, gula pasir, ragi instant, bread improver, susu bubuk) hingga rata.
  2. Masukan kuning telur dan campur dengan tangan hingga rata kemudian air es sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan penambahannya jika adonan sudah bisa menyatu dan tidak lengket di wadah.
  3. Masukan butter, mentega dan garam, uleni hingga kalis elastis, bentuk bulat dalam wadah yang diolesi minyak supaya tidak lengket saat pengambilan, diamkan 30 menit atau sampai adonan mengembang 2 kali semula dan kempiskan.
  4. Bagi adonan sesuai selera (saya timbang di 60 gram), rounding sampai permukaan adonan halus dan udara didalamnya keluar, cirinya adonan menjadi padat halus lentur, istirahatkan 15 menit.
  5. Ambil sebuah adonan, giling pipih dan beri isi, mau kosong juga oke, bentuk sesuai selera.
  6. Proofing selama 60 menit, olesi dengan evaporate susu atau kuning telur, panggang dengan suhu 175 derajat selama 20-30 menit, dinginkan diatas cooling rack .

Kalau memanggang untuk Otrik, saya biasa dengan api bawah 10-15 menit, lalu pindah api atas bawah 5-10 menit, indikasikan dengan bau saja sist. Biasa kalau sudah matang dengan api bawah, bau wangi sudah semerbak, tinggal pindah api atas bawah atau atas untuk tingkat warna.

Warna semata-mata dari unsur pemanggangan saja, otang saya tidak ada pengalaman, karena design otang juga macam-macam ya yang penting ambil hikmah dari pengalaman bunda selama ini.

Buka tutup ventilasi otang pengaruh juga untuk pengaturan suhu dalam oven ya untuk tekstur yang baik perhatikan ulenan adonan (harus sampai kalis elastis) dan rounding. Supaya permukaan adonan tidak berkerut mulus atau tengah kopong.

 

Roti Manis Simpel Irit Lembut

Bahan-bahan :

  • 250 gr terigu
  • 1 saset skm campur air 100cc
  • 3 sdm margarin
  • 2 sdm gula+secubit garam
  • 1/2 sdt femipan

Olesan:

  • 1 saset skm campur air 2sdm+1sdm madu

Isian:

  • coklat blok atau meses
  • keju parut

 

Langkah :

  1. Campur smua bahan jadi 1,uleni sampai kalis,diamkan kurleb 1jam tutup dgn serbet bersih hingga adonan mengembang 2xlipat
  2. Kempeskan adonan,bagi jadi 12 biji,diamkan kurleb 20 menit tutup lagi dg serbet
  3. Gilas adonan,masukan isianya,bentuk sesuai selera,sy lipat sprti amplop,diamkan kurleb 20menit,panaskan oven suhu 180drajat
  4. Olesi permukaan roti dg susu&madu,oven kurleb 25 menit,angkat olesi margarin panas2,tutup dg serbet bersih supaya roti tetap lembut walau sudah dingin,selamat mencoba ibu ibuu

 

Pemilihan Bahan Dasar Resep Roti Manis Dan Empuk

  • Tepung Terigu

Dalam pembuatan Resep Roti Manis Dan Empuk, tepung yang digunakan adalah tepung terigu berprotein tinggi karena menghasilkan gluten yang banyak dan teksturnya pun bagus. Bisa juga dicampur dengan tepung terigu protein sedang, hal ini akan membuat roti lebih empuk. Namun syaratnya adalah jumlah tepung terigu protein tetap harus lebih banyak daripada tepung terigu protein sedang.

  • Ragi

Ragi berfungsi membuat pengembangan roti lebih sempurna. Ada banyak berbagai macam jenis ragi, namun biasanya orang lebih banyak menggunakan ragi instan karena lebih praktis dan kualitasnya juga tetap bagus.

  • Gula

Selain memberikan rasa manis, gula juga berfungsi mengembangkan volume roti karena gula membantu kerja ragi menjadi lebih cepat. Gula juga memberikan warna pada tekstur roti sehingga warnanya menjadi coklat keemasan.

  • Telur

Telur membuat roti menjadi lembut. Putih dan kuning telur sendiri memiliki sifat yang berbeda-beda. Jika anda ingin roti bertekstur kenyal, maka gunakan putih telurnya saja. Jika anda ingin roti yang bertekstur empuk makan gunakan kuning telur yang lebih banyak.

  • Lemak

Lemak yang dimaksud adalah margarin. Margarin adalah salah satu bahan pembuatan roti yang sangat penting. Tanpa margarin, tekstur roti tidak akan menjadi lembut. Tentu anda harus menggunakan margarin berkualitas tinggi, anda bisa menggunakan Filma Margarin atau Filma Prestige Margarin yang merupakan produk margarin berkualitas tinggi dan dapat meningkatkan kualitas roti anda.
Pelembut dan Pengembang
Pelembut dan pengembang umumnya digunakan untuk roti yang akan dijual agar lebih mengembang dan teksturnya bertahan lama.

B. PROSES FERMENTASI

Fermentasi pada pembuatan roti dilakukan ketika adonan sudah elastis. Adonan harus berada dalam kondisi tertutup di suhu ruangan agar mengembang dengan sempurna. Proses pengembangan roti tidak bisa dipatokkan oleh waktu, maka dari itu harus benar-benar diperhatikan.
Cara mengetahui roti sudah mengembang atau belum adalah dengan menemukan serat pada adonan roti . Jika sudah ada serat di permukaan roti maka roti sudah cukup melalui proses fermentasi.
Ada 3 hal yang bisa menghambat proses fermentasi, antara lain:
Kualitas ragi tidak bagus
Adonan tidak menggunakan gula
Saat proses fermentasi, udara tidak cukup hangat untuk membuat ragi mengembang.

C. PENGISIAN ROTI

Satu hal yang paling penting dalam pengisian roti adalah, roti tidak dalam kondisi berair atau berminyak. Isian roti juga tidak disarankan terlalu kering atau keras. Setelah diisi, roti akan kembali difermentasi agar mengembang kembali.

D. PENGOVENAN

Pengovenan merupakan salah satu tahap yang penting dalam pembuatan roti. Roti yang terlalu lama di oven akan menjadi kering dan keras. Lamanya pengovenan tentu sangat berhubungan dengan besarnya roti. Semakin besar ukuran roti maka semakin lama pengovenannya. Untuk ukuran roti sekali makan rata-rata membutuhkan waktu 8-12 menit.

E. SETELAH DIOVEN

Roti segera disusun dalam rak kawat untuk proses pendinginan, uap panas akan keluar dari roti. Setelah suhu roti dingin, roti harus ditempatkan dalam wadah kedap udara agar roti tidak kering dan tetap lembut. Dengan penyimpanan yang tepat, roti bisa bertahan 2 hari di dalam suhu ruangan.  Jika dimasukan ke freezer dengan suhu yang tepat, roti bisa bertahan selama 1 bulan.
Jika anda sudah paham mengenai tips dan trik membuat roti manis, kini saatnya anda menciptakan kreasi roti manis.
Roti manis merupakan salah satu jenis roti yang paling laris di Indonesia. Jangan ragu-ragu untuk berkarya, karena setiap kreasi yang unik akan menarik perhatian pelanggan.

untuk resep kue lainnya Resep Kue Sagu Terbaru